Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Harga Sebuah Dunia


Bismillah…..
Jabir bin Abdillah berkisah,
“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melewati pasar sementara orang-orang ada di sekitar beliau. Beliau melintasi bangkai seekor anak kambing yang kecil atau terputus telinganya (cacat). Beliau memegang telinga bangkai tersebut seraya berkata:
“Siapa di antara kalian yang suka memiliki anak kambing ini dengan membayar seharga satu dirham?” Mereka menjawab, “Kami tidak ingin memilikinya dengan harga semurah apapun. Apa yang dapat kami perbuat dengan bangkai ini?”
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kemudian berkata: “Apakah kalian suka bangkai anak kambing ini menjadi milik kalian?” “Demi Allah, seandainya pun anak kambing ini masih hidup, tetaplah ada cacat, kecil/terputus telinganya. Apalagi ia telah menjadi seonggok bangkai,” jawab mereka. Beliau shallallahu alaihi wa sallam pun bersabda setelahnya,
“Demi Allah, sungguh dunia ini lebih rendah dan hina bagi Allah daripada hinanya bangkai ini bagi kalian.” (HR. Muslim no.7344)
Ketika kalian menganggap remeh bangkai tersebut maka dunia disisi Allah jauh lebih remeh daripada bangkai tersebut di mata kalian. Dari shahabat Abu Hurairah Radhiallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
“Dunia ini terlaknat dan dilaknat apa-apa yang ada padanya, kecuali dzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, ketaatan kepadaNya, orang yang berilmu, dan orang yang belajar ilmu” (HR At Tirmidzi & Ibnu Majah)
Mengapa kalian mau membeli dunia dengan waktu kalian, dengan sisa umur kalian?. Jangan kalian beli dunia dengan nyawa kita, dengan harta kita, dengan istri dan anak2 kita, Telah jelas harga dunia sangatlah rendah disisi Allah..
Sungguh merupakan orang yang rendah apabila engkau merasa dengan memakai perhiasan, memakai barang2 mewah engkau menjadi orang yang besar.. Ketauhilah berarti anda orang kecil, engkau merasa besar karena barang2 tersebut. Namun sesungguhnya orang yang besar adalah orang yang beriman, orang yang bertakwa..
Lihatlah Umar bin Khatthab رضي الله عنه , beliau berpakaian sederhana bahkan tidur dibawah pohon. Namun beliau orang yang besar dikarenakan keimanan dan ketakwaannya, Tujuan seorang muslim adalah akhirat, kehidupan terakhir seorang muslim adalah akhirat. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:
“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, melainkan senda-gurau dan main-main. Sesungguhnya, akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.
(QS. Al-Ankabut: 64)
Makassar 2 Agustus 2017, Sekretariat SC Ar-Riyadhoh FIK UNM
Muhammad Akbar bin Zaid, S.Pd
Wallahu a’lam bishowab…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Harga Sebuah Dunia"