Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Nasehat Untuk-Mu yang Pulang Kampung

1. Bertakwalah kepada Allah dimanapun kalian berada.
Dari Abu Dzar Al Ghifari radhiallahu’anhu, ia berkata: ‘Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,
Bertaqwalah kepada Allah dimanapun engkau berada, dan hendaknya setelah melakukan kejelekan engkau melakukan kebaikan yang dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak yang baik” (HR. Ahmad 21354, Tirmidzi 1987, ia berkata: ‘hadits ini hasan shahih’).
2. Bersafarlah dengan kaum muslimin, jangan bersendirian,.
Disunnatkan bagi musafir pergi dengan ditemani oleh teman yang shalih selama perjalanannya untuk meringankan beban diperjalananya dan menolongnya bila perlu. Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam telah bersabda:
“Kalau sekiranya manusia mengetahui apa yang aku ketahui di dalam kesendirian, niscaya tidak ada orang yang menunggangi kendaraan (musafir) yang berangkat di malam hari sendirian”. (HR. Al-Bukhari)
Untk para Wanita/akhwat supaya bersafar dengan mahromnya.
“Janganlah wanita safar (bepergian jauh) kecuali bersama dengan mahromnya, dan janganlah seorang (laki-laki) menemuinya melainkan wanita itu disertai mahromnya. Maka seseorang berkata: “Wahai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sesungguhnya aku ingin pergi mengikuti perang anu dan anu, sedangkan istriku ingin menunaikan ibadah haji.” Beliau bersabda: “Keluarlah (pergilah berhaji) bersamanya (istrimu)”. [HR. Imam Bukhari (Fathul Baari IV/172), Muslim (hal. 978) dan Ahmad I/222 dan 246]
4. Hendaknya menyampaikan kepada Sahabat, ikhwan dan teman-teman bahwa engkau akan bersafar.
Disunahkan bagi musafir apabila akan berangkat mengu-capkan selamat tinggal kepada keluarga, kerabat dan teman-temannya, sebagaimana dilakukan oleh Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam dan dia sabdakan:
“Aku titipkan kepada Allah agamamu, amanatmu dan penutup-penutup amal perbuatanmu”. (HR. At-Tirmidzi, dishahihkan oleh Al-Albani).
5. Saat dikampung Berbirul walidain lah,
“Ridha Allah tergantung kepada keridlaan orang tua dan murka Allah tergantung kepada kemurkaan orang tua” [Hadits Riwayat Bukhari dalam Adabul Mufrad (2), Ibnu Hibban (2026-Mawarid-), Tirmidzi (1900), Hakim (4/151-152)]
6. Kurangi bergaul karna hal itu akan membuat imanmu menurun dan Tinggalkan teman2 yang buruk..
 “Seorang itu berada diatas agama kekasihnya (teman dekatnya), maka hendaknya salah seorang kalian melihat siapa yang menjadi kekasihnya.” (HR. Tirmidzi)
7. Jalin silaturahmi dengan keluarga besar kalian.
Hal ini akan memperbaiki persepsi mereka kepada kota yang baru mengenal hidayah dan akn berbalik mendukung pilihan kita, insya Allah..
8. Berdakwalah dengan ahlak sebelum dengan ucapan kalian.
Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;
Pergaulilah manusia dengan akhlak mulia. [HR. at-Tirmidzi no. 1987 dari Abu Dzar, dan beliau menilai hadits ini hasan shahih]
Trus apa itu ahlak muliah..?
Akhlak mulia adalah berbuat baik kepada orang lain, menghindari sesuatu yang menyakitinya dan menahan diri ketika disakiti. (Madarijus Salikin, Ibnu Qayyim)
9. Jangan pernah mengenang masa kelam dikampung, hal ini bisa membuka luka lama yang telah tertutup dalam hati.
10. Jangan pernah ada komunikasi dengan si doi yang dlu, takutnya terjadi CLBK (Cinta Lama Belum Kelar) lagi...
11. Perbanyak mengingat Allah, dan banyak membaca Al Qur'an.
12. Mengabdilah pada masyarakat disekitarmu.
13. Jangan terlalu lama dikampung yah, so.y dakwah di kampus pun juga sedang menuntut untuk ditunaikan..
14. Terakhir ya Ikhwani, hendaknya kalian mencari halaqah-halaqah ilmu dikampung kalian, untk kalian ikuti, ingat keimanan kita itu bagai baterai hp loh, mesti di charger. Dan cara mencharger keimanan kita ialah dengan menghadiri halaqah-halaqah ilmu..
Syukran.. Barakallahu fikum,.
Terimah Kasih atas kunjungan Ta' semoga artikel ini bermamfaat... @Wassalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nasehat Untuk-Mu yang Pulang Kampung"