Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Tips & Trik Membangun Motivasi Dalam Diri (bag-2)


B.    Motivasi Eksternal
Motivasi eksternal yaitu motivasi dari luar atau mendapatkan rangsangan dari luar. Sebagai contoh, motivasi seseorang timbul karena dari bacaan yang memotivasi, lingkungan, atau dari kehidupan keseharian. Sehingga bila ditinjau dari segi tujuannya orang tersebut tidak langsung terjun didalam apa yang dilakukannya. Hal ini sangat diperlukan bagi orang yang tidak memiliki motivasi internal.
Dari hal yang telah disebutkan di atas, maka motivasi tidak hanya timbul dari dalam diri kita secara sendirinya tetapi dapat ditimbulkan oleh faktor luar atau rangsangan luar. Dan motivasi yang terdapat dalam diri saya lebih kepada motivasi eksternal. Motivasi tersebut timbul tidak dari diri saya tetapi ditimbulkan oleh faktor luar seperti termotivasi untuk mendapatkan hasil atau nilai yang baik, dari dukungan orang tua, dan meraih cita-cita yang diinginkan. Namun tak selamanya motivasi eksternal itu timbul, sehingga kita perlu menumbuhkan motivasi internal dalam diri kita. Dan berikut tips untuk menumbuhkan motivasi secara internal:
1.   Memberikan penghargaan pada diri sendiri. Jikakalau kita melakukan sesuatu, misal belajar dengan sunguh-sunguh dan mendapatkan hasil atau IPK yang tinggi. Maka mestinya kita memberikan hadiah pada diri kita sendiri. Dengan begitu diri kita akan termotivasi untuk melakukan sesuatu yang berguna. Meskipun itu bukanlah tujuan utama, tapi setidaknya mampu memberikan rangsangan kepada diri kita untuk terus berusaha dan belajar sebaik mungkin.
2.   Memulai sesuatu dari yang kecil. Begitu banyak diantara kita yang kurang memahami sebuah proses, terkadang kita tidak ingin memulai dari hal-hal yang kecil. Keinginan kita biasanya langsung yang besar dan mendapatlan hasil yang baik. Tanpa memahami sebuah proses, bahwa proses adalah memulai dari hal-hal yang kecil sehingga mampu menjadi pondasi yang kuat untuk meletakkan harapan dan cita-cita yang besar di atasnya. Terkadang untuk mendapatkan sesuatu yang besar perlu langkah-langkah yang kecil.
3.   Menyusun rencana. Dengan memiliki rencana, yang diatur sebaik mungkin maka akan memberikan pengaruh besar pada diri kita, karena tujuan yang kita akan capai akan berat kita dapatkan jikalau tidak memiliki perencanaan yang matang. Secara tidak langsung ini akan memotivasi dalam mencapai tujuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi merupakan sesuatu dorongan yang akan membuat kita selalu semangat dalam melakukan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan.
Tanpa adanya motivasi, cita-cita atau tujuan yang kita targetkan akan sulit terwujudkan karena kurangnya semangat dalam mencapai tujuan tersebut. Dan dengan memiliki motivasi yang kuat, kita akan memiliki apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri kita, sehingga tidak ada keraguan dalam mencapai tujuan atau cita-cita kita.
4.   Menumbuhkan kesadaran diri. Hal yang terakhir adalah menumbuhkan kesadaran dalam diri kita, sering kita dengar orang yang dulunya dikatakan nakal dan langsung berubah menjadi baik, karena Dia sadar. Berarti kesadaranpun memiliki peran penting dalam hidup kita. Menjadi orang yang sadar tentu tak semudah yang kita banyangkan sebagaimana seorang pendosa yang telah menikmati hidupnya dengan perbuatan dosa, maka akan sangat sulit untuk meninggalkanya.
Namun, tak semestinya kita berputus asa selagi kita ingin kembali bertaubat kepada Allah , maka yakinlah Allah  akan mengampuni segala dosa-dosa kita. Dalam pembahasan ini ada beberapa point penting yang akan saya coba sampaikan untuk mengungah kembali jiwa kita agar sadar. Hampir setiap orang yang saya temui baik itu dosen, guru dan pejabat. Ternyata tidak ada jalan untuk mencapai kesuksesan yang lebih baik melaingkan, tumbuhnya kesadaran pada diri kita.
Yah, kesadaran sebuah nikmat yang begitu besar yang Allah  berikan kepada manusia, ketika memberikan hidayah kepada manusia tersebut untuk sadar akan segala perbuatan yang telah dia kerjakan. Sebuah kekuatan ruhiyyah yang kembali dan mengenali setiap perbuatan yang baik dan buruk. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kesadaran itu tumbuh dalam diri kita?
Perlu kita ketahui kesadaran tidak akan muncul begitu saja dalam diri kita dan membuat hidup kita menjadi tenang. Sadar akan bejatnya perilaku kita, dan bertekad untuk berubah adalah langkah pertama akan timbulnya kesadaran “menyesali segala perbuatan buruk yang pernah kita kerjakan dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya lagi”. Sadar akan dunia yang sifatnya sementara, orang yang telah memahami bahwa dunia ini sifatnya sementara dan takut akan datangnya kematian. Maka kesadaran itu akan mudah muncul dalam dirinya untuk memperbaiki diri.
Segala yang dijelaskan diatas pada intinya bagaimana menimbulkan spirit dalam diri kita, sebuah motivasi (Pengugah Jiwa) untuk fokus terhadap target dan tujuan. Motivasi akan ada pada diri kita karena adanya target dan tujuan yang jelas. Seseorang belajar dengan gigih, semangat dalam menuntut ilmu karena ada cita-cita yang besar yang akan dia gapai. Seorang muslim dengan motivasi masuk syurga-Nya Allah , maka motivasi untuk beribadah sangatlah tinggi dan bersunguh-sunguh. Karena dijanjikan sebuah kebahagiaan yang hakiki diakhirat kelak. “Hidup tanpa sebuah motivasi, maka tak segalanya akan didapatkan dengan mudah”.
Dan pada kesempatan ini website resmi kami di www.muhammadakbarbinzaid.com akan mengulas motivasi sukses dalam hidup. Yang tentunya merujuk pada para motivator-motivator hebat, yang telah mengungah banyak orang dan mampu memberikan motivasi untuk sukses sehingga begitu banyak yang sukses karena ikut dengan para motivator-motivator tersebut. Adapun nama-nama motivator sebagai rujukan dalam berbagai artikel ini: 1. Maenstro Motivator Dunia Dr. Ibrahim El Fiky. 2. Dr. Aidh Abdullah al-Qarni. 3. Ipho Santoso. 4. Mario Teguh dan, 5. Ary Ginanjar Agustien. Nantikan artikel-artikel motivasi sukses dari motivator-motivator yang hebat. Selamat membaca!!
Terimah Kasih atas kunjungan Ta' semoga artikel ini bermamfaat... @Wassalam


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips & Trik Membangun Motivasi Dalam Diri (bag-2)"