Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Tips & Trik Membangun Motivasi Dalam Diri (bag-1)

Dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin pernah mengalami kejenuhan terhadap suatu hal yang sedang kita jalani. Misal ketika kita sedang melaksanakan kuliah, tentu kita pasti pernah mengalami kejenuhan untuk kuliah entah karena terlalu banyak tugas yang diberikan, banyak tugas yang belum diselesaikan, atau jenuh dengan waktu kuliah yang padat. Namun, kejenuhan tersebut tidak boleh terus tumbuh dalam diri kita karena akan berakibat buruk bagi diri kita sendiri. Kita harus memiliki motivasi dalam diri kita agar tujuan kita dapat tercapai dengan baik.
Sebelum kita membahas motivasi lebih dalam ada baiknya kita pahami terlebih dahulu arti kata motivasi. Motivasi adalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan. Motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul, terarah, dan mempertahankan perilaku, menurut Kartini Kartono motivasi menjadi dorongan (driving force) terhadap seseorang agar mau melaksanakan sesuatu.
Motivasi yang ada pada setiap orang tidaklah sama, berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Untuk itu, diperlukan pengetahuan mengenai pengertian dan hakikat motivasi, serta kemampuan teknik menciptakan situasi sehingga menimbulkan motivasi atau dorongan bagi mereka untuk berbuat atau berperilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh individu lain atau organisasi.
Sebagai seorang mahasiswa, kita tentu ingin mendapatkan nilai atau hasil yang baik, dan hal tersebut dapat terwujud apabila kita selalu berusaha dan melakukan apa yang bisa membuat kita mendapatkan hasil yang terbaik. Keingingan yang terdapat pada diri seseorang individu yang merangsangnya untuk melakukan tindakan-tindakan. Dalam hal itu, kesadaran tentang pentingya motivasi bagi perubahan tingkah laku harus kita miliki.
Setiap diantara kita memiliki tujuan hidup masing-masing, berbagai macam cara kita cari untuk menggugah kepercayaan diri meraih tujuan dan cita-cita yang kita impikan. Tak jarang, orang selalu melihat beberapa sosok dengan pepatah-pepatah singkatnya yang nyaris membuat semua orang menjadi lebih berdiri tegak dan bersemangat menjalani hidupnya untuk tujuan yang lebih baik dari masa-masa sebelumnya. Hari-hari demi hari berlalu untuk mendapatkan sebuah motivasi, dan begitu banyak kata-kata bijak yang sering terlontar "suskes berawal dari diri sendiri". Begitu seringnya kita mendengarkan kata-kata ini, namun begitu banyak orang yang tidak memahami makna kata-kata motivasi ini.
Tanpa kita sadari bahwa sukses berawal dari dalam kita sendiri, akan tetapi itu tidak sepenuhnya. Motif adalah sumber akan munculnya sebuah motivasi dan sumber motivasi ada dua:
A.    Motivasi Internal
Motivasi internal yaitu motivasi dari dalam diri, dari perasaan dan pikiran diri sendiri, tidak perlu adanya rangsangan dari luar. Orang yang memiliki motivasi internal, akan memandang dirinya secara positif. Sebagai contoh, seseorang yang melakukan aktivitas belajar secara terus menerus tanpa adanya motivasi dari luar dirinya dan bila ditinjau dari segi tujuan kegiatannya, orang tersebut ingin mencapai tujuan yang terkandung di dalam perbuatan belajar itu sendiri.
Dan motivasi dari dalam diri sendiri lebih baik daripada menunggu motivasi dari orang lain. Ibarat api. Api yang dikobarkan orang lain di dalam jiwa kita akan lebih mudah padam dibandingkan dengan api yang kita kobarkan sendiri di dalam tubuh dan jiwa kita. Tinggal bagaimana kita menyikapi hidup. Melihat orang sekitar yang sudah jauh lebih sukses dari kita, kita harus berusaha lebih keras lagi untuk dapat menjadi dia atau bahkan lebih sukses. Melihat orang sekitar yang jauh lebih bawah dari kita, kita harusnya bersyukur dengan apa yang Allah sudah berikan kepada kita.
Motivasi internal sangat efektif dan besar pengaruhnya bagi kesuksesan seseorang. Saya berani mengatakan bahwa motivasi internal yang paling besar adalah pengorbanan kedua orang tua. Yah, itulah yang saya rasakan bagaimana perjuangan kedua orang tua kita, bekerja keras mencari nafkah untuk kita mulai pagi sampai petang. Keringat yang membasahi tubuhnya setiap harinya. Namun, begitu banyak anak yang zaman sekarang seakan tak mempedulikan bagimana kerja keras dan pengorbanan orang tua mereka untuk menyekolahkannya. Hidup mereka habisi dengan foya-foya, pacaran, boros dan lainnya.
Sengaja gambar disamping ini yang saya pilih untuk ditampil-kan, karena inilah pekerjaan orang tua kami bahkan mayoritas diantara kita. Dibawah teriknya matahari seakan menyengat kedalam diri kita begitu panasnya. Namun, seakan itu bukanlah apa-apa bagi mereka untuk menghidupi keluarganya. Alangkah durhakanya seorang anak yang tidak melihat perjuangan orang tua yang ada dibelakangnya. Sedangkan mereka berfoya-foya dan bersantai-santai diluar sana. Tidak mengembang amanah dari oranr tuanya dengan sebaik-baiknya.
Seakan hati ini terkadang menangis ketika melihat mereka dengan pakaian kotornya pulang dengan mandi keringat, begitu besar perjuangan mereka kepada kita. Namun, akankah kita pernah mengingatnya, mendoakannya atau bahkan berterimah kasih dan meminta maaf atas segala pengorbanan yang pernah diberikan kepada kita dan segala perbuatan buruk yang pernah kita kerjakan karena melalaikan amanah yang diberikan.
Inilah motivasi yang mulai hilang hampir semua diantara kita, padahal setiap kita ingin meilhat orang tua kita tersenyum dan bahagia melihat kesuksesan dan keberhasilan kita. Namun, kita melupakan perjuangannya ketika kita mulai jauh dari mereka dan hidup di dunia yang super megah. Sadarlah, ada sosok manusia dibelakangmu yang berjuang untuk hidup sampai saat ini. Jaga amanah yang diberikan kepadamu dengan sebaik-baiknya, dan ucaplah nama-nama mereka dalam setiap doamu.
Terimah Kasih atas kunjungan Ta' semoga artikel ini bermamfaat... @Wassalam


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips & Trik Membangun Motivasi Dalam Diri (bag-1)"