Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

15 Tips Cara Menyebarkan Kebaikan dalam Hidup Anda (bag-2)

7. Sembunyikan catatan kebaikan yang mengejutkan
Tinggalkan catatan kecil dengan kalimat yang penuh kasih atau semangat dalam kotak makanan, tempat minum atau buku yang sedang dibaca oleh pasangan atau anak anda. Tindakan kecil ini akan memberikan senyuman di wajahnya, keceriaan serta motivasi dalam hatinya.
8. Hadirlah di sana.
Dengarkan- jangan berpikir tentang hal lain – ketika seseorang perlu melampiaskan kekesalannya. Hadirlah di sana dengan segala jiwa dan raga serta dengarkan dengan penuh perhatian. Atau lakukan percakapan dan bantu seseorang menemukan jalan keluar nya dengan pemikiran yang konstruktif dan membumi.
9. Ingatlah kebaikan kecil juga.
Biarkan orang menyusul anda ketika menyetir, mungkin ia sedang terburu-buru karena terlambat. Berikan kursi anda kepada seorang tua ketika anda berada dalam bus/kereta yang penuh. Bantulah seseorang menyebrang jalan yang ramai. Tawarkan bantuan kepada seseorang yang terlihat bingung melihat sekitar sambil memegang peta. Dan masih banyak lagi bentuk kebaikan kecil yang mungkin selama ini anda acuhkan.
10. Berikan seseorang sesuatu yang menggembirakan.
Seseorang dalam hidup anda mungkin mengalami masa-masa yang sulit saat ini. Kirimkan dia sebuah buku atau film inspirasional. Atau sekedar kirimkan email yang berisi link pada sesuatu yang inspiratif yang telah anda temukan, seperti blog atau artikel.
11. Memberikan bantuan praktis pada seseorang.
Memberikan mereka bantuan praktis atau turun tangan langsung dengan membantu mereka mempersiapkan makan malam atau pesta misalnya. Jika mereka membutuhkan informasi, maka bantulah dengan googling atau dengan menanyakan pada orang-orang berpengetahuan yang anda tahu.
12. Membantu orang-orang dalam hidup anda untuk membuat perbedaan dalam hidupnya.
Ketika anda berbicara dengan seseorang tentang harinya atau apa yang telah terjadi akhir-akhir ini maka pastikan untuk menunjukkan padanya bagaimana ia juga telah menyebarkan kebaikan dan nilai-nilai. Orang seringkali tidak menyadari hal-hal positif yang mereka lakukan atau mereka telah membatasi diri dalam pikiran mereka.
Jadi bantu mereka untuk melihat diri mereka sendiri dalam cahaya yang lebih positif dan juga membantu untuk meningkatkan harga diri mereka.
13. Ingatlah 3 alasan kebaikan di awal artikel ini.
Ini akan membantu anda untuk menjadi lebih ramah bahkan ketika anda mungkin tidak selalu merasa seperti itu. Jika anda menyukai, anda bisa menulis alasan-alasan tersebut di atas selembar kertas dan menaruhnya di mana anda dapat melihatnya setiap hari.
14. Membalas kebaikan.
Ketika seseorang melakukan sesuatu yang baik untuk anda – tidak peduli seberapa besar atau kecil – kemudian cobalah untuk membalasnya di depan dengan bersikap baik terhadap orang lain secepat yang anda bisa.
15. Jadilah ramah terhadap diri sendiri.
Setelah anda ramah pada diri sendiri, anda akan secara alami memperlakukan orang lain dengan lebih banyak kebaikan juga. Ini adalah tentang kebiasaan menang-menang (win-win habit).
Cara mudah untuk menjadi lebih ramah terhadap diri sendiri adalah dengan menuliskan 5 hal yang anda hargai tentang diri anda dan apa yang telah anda lakukan di hari tersebut dalam sebuah jurnal.
Terimah Kasih atas kunjungan Ta' semoga artikel ini bermamfaat... @Wassalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Tips Cara Menyebarkan Kebaikan dalam Hidup Anda (bag-2)"