Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

15 Tips Cara Menyebarkan Kebaikan dalam Hidup Anda (bag-1)

Kebaikan adalah hal yang sangat sederhana yang dapat kita sebarkan ke dunia. Tapi kita seringkali kita melupakannya. Atau mungkin kita tidak ingat bagaimana kebaikan bisa membantu kita semua.
Berikut ini adalah tiga hal yang bisa menjadi perhatian kita dan seharusnya membantu kita untuk melakukan suatu kebaikan :
  • Kita mendapatkan apa yang kita berikan. Ya, beberapa orang mungkin tidak tahu berterima kasih, tidak senang dan tidak peduli apa yang anda lakukan. Tapi kebanyakan orang akan memperlakukan anda seperti anda memperlakukan mereka.
  • Dengan menjadi ramah terhadap orang lain kita cenderung lebih ramah terhadap diri sendiri. Ini mungkin terdengar agak aneh tapi ketika kita ramah terhadap orang lain maka harga diri kita akan naik dan kita berpikir lebih tinggi tentang diri kita.
  • Ini hanyalah sekedar membuat dunia kita yang kecil ini menjadi tempat yang lebih baik dan lebih bahagia untuk ditinggali.
Jadi bagaimana anda bisa mulai menyebarkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari? Berikut adalah 15 cara untuk melakukannya.
Pilih salah satu dari tindakan di bawah ini yang paling sesuai dengan anda dan mulai menyebarkan kebaikan hari ini.
1. Ungkapkan rasa syukur anda.
Pikirkan tentang apa yang dapat anda syukuri tentang seseorang dalam hidup anda. Mungkin ia adalah seorang pendengar yang baik, mudah dan cepat untuk menolong, atau sekedar menahan pintu untuk anda.
Kemudian ungkapkan rasa terima kasih anda dengan secara sederhana mengatakan “terima kasih!” atau bisa juga dalam satu-dua kalimat tulus.
2. Tidak menghakimi.
Tidak ada orang yang suka untuk dihakimi. Dan semakin anda menghakimi orang lain semakin anda cenderung menghakimi diri sendiri. Jadi, meskipun anda memperoleh manfaat sementara yang berasal dari sikap menghakimi tersebut, namun sangat tidak baik untuk kebiasaan jangka panjang anda.
3. Tidak memberikan kritik yang menjatuhkan.
Dibanding mengkritik seseorang secara berlebihan, lebih baik memberikan ia semangat. Ini akan membantu orang dalam meningkatkan harga diri mereka maupun melakukan pekerjaan yang lebih baik. Selain itu, juga akan membuat hal-hal menjadi lebih menyenangkan dan hati menjadi lebih ringan dalam jangka panjang.
4. Tempatkan diri anda pada posisi orang lain.
Sangat mudah untuk melihat keburukan ketika anda melihat hal-hal hanya dari perspektif anda. Dua pertanyaan yang akan membantu anda melihat dan lebih memahami sudut pandang yang lain:
·         Bagaimana saya berpikir dan merasakan jika saya berada dalam posisinya?
·         Apa bagian dari orang itu yang dapat saya lihat dalam diri saya?
5. Ingatlah bagaimana kebaikan orang lain kepada anda
Hanya duduk selama beberapa menit dan mencoba untuk mengingat satu atau beberapa kebaikan orang lain yang benar-benar menyentuh dan membantu anda keluar dari masalah.
Kemudian pikirkan tentang bagaimana anda dapat melakukan hal-hal yang sama bagi seseorang dalam hidup anda.
6. Tunjukkanlah kebaikan terhadap hal-hal yang sering kali kita sepelekan
Mudah sekali memberikan atau menunjukan kebaikan pada seseorang yang sedang mengalami kesusahan atau baru saja menyelesaikan proyek penting.
Tapi ingatlah untuk juga memberikan kebaikan pada orang yang setiap hari menyediakan makan malam kita dengan penuh cinta. Atau untuk datang tepat waktu setiap hari, melakukan pekerjaan mereka dengan baik dan memenuhi tenggat waktu.
Terimah Kasih atas kunjungan Ta' semoga artikel ini bermamfaat... @Wassalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Tips Cara Menyebarkan Kebaikan dalam Hidup Anda (bag-1)"