Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Kumpulan Makalah Olahraga: Makalah Atletik Cabang Lari Jarak Menengah



MAKALAH  LARI  JARAK MENENGAH
Oleh: Muhammad Akbar
Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Makassar
Akbarusamahbinsaid.@gmail.com 

KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah. Kami memuji-Nya, memohon pertolon-gan kepada-Nya, memohon ampunan kepada-Nya, bertaubat kepada-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari keburukan diri kami dan kejelekan amal-amal kami. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak ada yang menyesatkannya,. Dan barangsiapa disesatkan, maka tidak ada pemberi petunjuk kepadanya. Saya bersaksi bahwa tidak tuhan yang patut disembah kecuali Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.
Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat atau menyinggung perasaan pembaca.
            Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga Allah subhanaahu wata’ala. memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.

LARI  JARAK MENENGAH
Lari jarak menengah menempuh jarak 800 m dan1500 m. Start yang digunakan untuk lari jarak menengah nomor 800 m adalah start jongkok,sedangkan untuk jarak 1500 m menggunakan start berdiri. Pada lari 800 m masing –masing pelari berlari di lintasannya sendiri, setelah melewati satu tikungan pertama barulah pelari–pelari itu boleh masuk ke dalam lintasan pertama. Hal yang perlu diperhatikan pada lari jarak menengah adalah penyesuaian antara kecepatan dan kekuatan / stamina dari masing –masing pelari.
Gerak lari jarak menengah (800 m-1500 m) dan sedikit berbeda dengan gerakan lari jarak pendek. Terletak pada cara kaki menapak. Lari jarak menengah, kaki menapak ball hell-ball  ialah menapakkan pada ujung kaki tumit dan menolak dengan ujung kaki. Start dilakukan dengan cara berdiri.

Yang perlu diperhatikan pada lari jarak menengah
- Badanharus selalu rileks atau santai.
- Lengan diayun dan tidak terlalu tinggi seperti pada lari jarak pendek
- Badan condong ke depan kia-kira 15º dari garis vertical.
- Panjang langkah tetap dan lebar tekanan pada ayunan paha ke depan,panjang langkah harus sesuai dengan panjang tungkai. Angkat lutut cukuptinggi (tidak setinggi lari jarak pendek)
Teknik Start Berdiri untuk Lari Jarak Menengah (1.500 m) adalah :
1. Aba-aba (bersedia) Dengan sikap tenang tetapi menyakinkan melangkah maju ke depan,berdiri tegak di belakang garis start.
2. Aba-aba (siap) Mengambil sikap kaki kiridi depan dan kaki kanan di belakang,     tidakmenginjak garis start, badan condong ke depan.
3. Aba-aba (ya) Mulai berlari dengan kecepatan yang tidak maksimal melainkan cukupsetengah atau tiga perempat dari kecepatan maksimal.

Teknik lari gerakan jarak menengah meliputi :
1. Posisi kepala dan badan tidak terlalu condong, sikap badan seperti sikap orang berlari.
2. Sudut lengan antara 100 – 110 derajat.
3. Pendaratan pada tumit dan menolak dengan ujung kaki.
4. Ayunkan kedua lengan untuk mengimbangi gerak kaki.
5. Mengayunkan lutut kedepan  tidak stinggi pinggul.
6. Pada waktu menggerakan tungkai bawah dari belakang kedepan tidak terlalu tinggi.

Peraturan Perlombaan :
Peraturan perlombaan ditetapkan oleh IAAF ( International Amateur AtleticFederation ) atau tingkat nasional PASI ( Persatuan Seluruh Atletik Indonesia ) tentang perlombaan lari jarak menengah :
a.  Garis start atau finis dalam lintasan lari di tunjukan dengan sebuah garis selebar 5 cm siku-siku dengan batas tepi dalam lintasan. Jarak perlombaan harus di ukur dari tepi garis start ke tepi garis finis terdekat dengan garis start.
b.  Aba-aba yang di gunakan  dalam lari jarak menengah adalah “bersedia”, “siap” dan “ya” atau bunyi pistol.
c.  Semua peserta lomba lari mulai berlari pada saat aba-aba “ya” atau bunyi pistol yang di bunyikan di udara.
d. Peserta yang membuat kesalahan pada saat start harus di peringatkan (maksimal 3 kali kesalahan).
e.  Lomba lari jarak menengah pada perlombaan besar dilakukan 4 tahap yaitu : babak pertama, babak kedua, babak semi final, dan babak final.
f.  Babak pertama akan diadakan apabila jumlah peserta banyak, pemenang 1 dan 2 tiap heat berhak maju kebabak berikutnya.

Diskualifikasi atau hal-hal yang di anggap tidak sah dalam lari jarak menengah yaitu :
a. Melakukan kesalahan start lebih dari 3 kali.
b. Memasuki lintasan pelari lain.
c. Mengganggu pelari lain.
d. Keluar dari lintasan.
e. Terbukti memakai obat perangsang.


Terimah Kasih atas kunjungan Ta' semoga artikel ini bermamfaat... @Wassalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Makalah Olahraga: Makalah Atletik Cabang Lari Jarak Menengah"