Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Kumpulan Makalah Olahraga: Makalah Sejarah Olahraga Atletik



MAKALAH  SEJARAH  OLAHARAG ATLETIK
Oleh: Muhammad Akbar
Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Makassar
Akbarusamahbinsaid.@gmail.com


KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah. Kami memuji-Nya, memohon pertolon-gan kepada-Nya, memohon ampunan kepada-Nya, bertaubat kepada-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari keburukan diri kami dan kejelekan amal-amal kami. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak ada yang menyesatkannya,. Dan barangsiapa disesatkan, maka tidak ada pemberi petunjuk kepadanya. Saya bersaksi bahwa tidak tuhan yang patut disembah kecuali Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.
Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat atau menyinggung perasaan pembaca.
            Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga Allah subhanaahu wata’ala. memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.

SEJARAH  ATLETIK
Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang berarti "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama kali pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia), dan di internasional  IAAF (International Association of Athletics Federations). Olahraga atletik merupakan satu-satunya olahraga yang di perlombakan pada olimpiade tersebut.
Sejarah Atletik adalah dimulai pada saat diselenggarakan olimpiade pertama. Atletik sendiri event yang diselenggarakan pada olimpiade tersebut, 776 SM. Saat itu, satu-satunya event yang ada adalah perlombaan lari atau stade.
 Ada beberapa “Games” yang digelar selama era klasik Eropa:
Panhellenink Games
-   The Pythian Game (dimulai 6 SM) digelar di Argolid setiap dua tahun sekali.
-   The Isthmian Game (dimulai 523 SM) digelar di Isthmus dari Corinth setiap dua tahun.
-   The nemean games (dimulai pada 515 SM). Diadakan di argolid setiap dua tahun sekali.

The Roman Games

The roman games berasal dari yunani murni yang menggunakan perlombaan lari dan lempar. Dahulu, atletik dikenal sebagai olahraga tempur karena pada abad pertengahan seorang anak bangsawan akan dilatih dalam hal berlari, bertarung, bergulat, berkuda, memanah, dan pelatihan senjata. Bangsa lain pun sangat menggemari kontes atletik ini. Antara lain celtik, teuton, dan goths.
Pada abad ke-19, organisasi formal dari event modern pun dimulai. Pada saat itu, mulailah dimasukan olahraga regular dan latihan rezim sekolahan.
Pada 1869, saat berlangsungnya olahraga modern, atletik modern pada saat itu diorganisasi di trek berjarak 400 m. adapun acara lapangan lainnya, yakni melompat dan melempar dengan menggunakan tempat yang berada di dalam trek.
Pada 1928, kaum wanita baru mulai diperbolehkan ikut berpartisipasi pada acara olimpiade, baik yang berada di dalam trek maupun lapangan.
Pada 1912, dibentuklah IAAF. Sebuah badan pengelola internasional. Pada 1983, IAAF menyelenggarakan beberapa kejuaran dunia outdoor. Sebagian ada yang merupakan pertandingan regional, seperti kejuaran Eropa, American games, dan commonwealth games.
Selain itu, ada sirkuit Liga Emas Profesional yang di akumulasikan dalam IAAF world athletics final dan kejuaraan dalam ruangan seperti world indoor championship. Olahraga tersebut memeiliki profil tinggi selama kejuaraan besar, kususnya olimpiade.



Terimah Kasih atas kunjungan Ta' semoga artikel ini bermamfaat... @Wassalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Makalah Olahraga: Makalah Sejarah Olahraga Atletik"