Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Kumpulan Makalah Olahraga: Makalah Atletik Cabang Lompat Tinggi



MAKALAH ATLETIK lompat  tinggi
Oleh: Muhammad Akbar
Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Makassar
Akbarusamahbinsaid.@gmail.com 

KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah. Kami memuji-Nya, memohon pertolon-gan kepada-Nya, memohon ampunan kepada-Nya, bertaubat kepada-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari keburukan diri kami dan kejelekan amal-amal kami. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak ada yang menyesatkannya,. Dan barangsiapa disesatkan, maka tidak ada pemberi petunjuk kepadanya. Saya bersaksi bahwa tidak tuhan yang patut disembah kecuali Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.
Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat atau menyinggung perasaan pembaca.
            Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga Allah subhanaahu wata’ala. memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.

LOMPAT  TINGGI
Loncat tinggi merupakan olahraga yang menguji ketrampilan meloncat dengan melewat tiang mistar. Loncat tinggi adalah salah satu cabang dari atletik. Tujuan olahraga ini untuk memperoleh loncatan setinggi-tingginya saat melewati mistar tersebut dengan ketinggian tertentu.Tinggi tiang mistar yang harus dilewati atlet minimal 2,5 meter, sedangkan panjang mistar minimal 3,15 meter. Loncat tinggi dilakukan di arena lapangan atletik. Loncat tinggi dilakukan tanpa bantun alat.

Sarana dan Prasarana
1. Untuk  Awalan
a)  Daerah awalan panjangnya tidak terbatas minimum 15 m
b)  Daerah tumpuan harus datar dan tingkat kemiringanya 1 : 100
2.  Tiang Loncat
Tiang loncat harus kuat dan kukuh,dapat terbuat dari apa saja  asal kuat dan kukuh.jarak kedua tiang tersebut adalah 3,98 – 4,02 m.
3.  Bilah Loncat
Terbuat dari kayu,metal atau bahan lain yang sesuai dengan :
         a)      Panjang mistar loncat 3,98 – 4,02 m dan berat maksimal mistar adalah 2,00 kg
         b)      Garis tengah mistar antara 2,50 – 3,00 m, dengan penampang mistar terbentuk bulat dan permukaannya harus datar dengan ukuran 3cm x 15 cm x 20 cm
         c)      Lebar penopang bilah 4 cm dan panjang 6 cm
4. Tempat Pendaratan
Tempat pendaratan tidak boleh kurang dari 3 x 5 m yang terbuat dari busa dengan ketinggian 60 cm dan di atasnya ditutupi oleh matras yang tebalnya 10 – 20 cm.

Macam-macam gaya dalam loncat tinggi :
a)  Gaya gunting (scissors)
b)  Gaya guling sisi (western roll)
c)  Gaya straddle dan gaya fosbury flop

Teknik dasar loncat tinggi :
a)  Awalan
b)  Melewati mistar
c)  Mendarat

Paraturan asas loncat tinggi
a)  Peserta mestilah melonjak dengan sebelah kaki
b)  Peserta boleh mula meloncat di mana-mana ketinggian yang disukainya.
c)  Sesuatu loncatan akan dikira batal jika peserta menyentuh palang dan tidak meloncat,
 menjatuhkan palang semasa membuat lompatan atau menyentuh kawasan mendarat
 apabila tidak berjaya meloncat.
d.   Peserta yang gagal meloncat melintasi palang sebanyak tiga kali berturut-turut (tanpa diambilkiradi paras mana kegagalan itu berlaku) akan terkeluar dari pada pertandingan.
e.   Seserang peserta berhak meneruskan loncatannya (walaupun setelah semua peserta yang lai ngagal) sehingga dia tidak dapat meneruskannya lagi mengikut peraturan.
f.   Ketinggian loncatan diukur secara menegak dari paras tanah hingga ke bahagian tenga hatas palang.



Terimah Kasih atas kunjungan Ta' semoga artikel ini bermamfaat... @Wassalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Makalah Olahraga: Makalah Atletik Cabang Lompat Tinggi"