Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Wisata Alam & Budaya: Mesjid Tua JerraE Bangunan Bersejarah Kab. Sidrap

Bismillah...
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu

          Segala puji syukur kita panjatkan kepada Allah subhanahu wata'ala serta salam dan shalawat kepada Baginda Rasulullah Muhammad sallallahu alai'hi wasallan.

           Setelah mengetahui sejarah dari sumur bengnge citta Nene'Mallomo maka masih ada satu lagi yg ternyata merupakan bagunan sejarah yg ada di Desa Allakuang Kab. Sidrap yaitu Mesjid Tua JerraE adalah bangunan bersejarah di kabupaten Sidenreng Rappang yang usianya lebih dari 400 tahun yang lalu tepatnya dibangun pada tahun 1609 M oleh Addatuang Sidenreng La Patiroi bersama Syeh Bojo dan La Pagala Nene Mallomo. Bangunan ini dijadikan obyek wisata Sejarah di daerah ini dengan jarak tempuh dari ibukota kabupaten kota Pangkajene sejauh 5 kilometer ke arah selatan jalan poros Sidrap-Soppeng.



         Selain sebagai obyek wisata sejarah, bangunan ini juga sebagai bangunan Cagar Budaya didaerah ini yang telah ditetapkan sesuai dengan Undang-Undang No 5 tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya dan sekarang telah diperbaharui dengan Undang-Undang No 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Hampir tiap harinya ada pengunjung ke Mesjid tua ini karena selain pengunjung berkunjung ke Mesjid, mereka juga berziarah ke beberapa makam, salah satunya yaitu makam Syeh Bojo Syeh Abdullah dan makam Addatuang Sidenreng la Panguriseng karena Mesjid Tua JerraE  masuk dalam areal pemakaman keluarga Raja Sidenreng Addatuang Sidenreng.  


               Sarana dan Fasilitas umum yang tersedia yaitu areal parkir, wc umum dan sumur yang terletak di lokasi tersebut. Mesjid ini sudah beberapa kali mengalami renovasi baik itu dari pemerintah daerah maupun dari pemerintah pusat.
Jelajah Alam dan Budaya 2016
Desa Allakuang
Kec. Maritengngae 
Kab. Sidrap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Alam & Budaya: Mesjid Tua JerraE Bangunan Bersejarah Kab. Sidrap"