Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Wisata Alam & Budaya: Mendaki Gunung Bulusaraung Kab. Pangkep (JKKB 2013 FIK UNM)



Bismillah…
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu
            Segala puji bagi Allah . Kami memuji-Nya, memohon pertolongan kepada-Nya, memohon ampunan kepada-Nya, bertaubat kepada-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari keburukan diri kami dan kejelekan amal-amal kami. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak ada yang menyesatkannya,. Dan barangsiapa disesatkan, maka tidak ada pemberi petunjuk kepada-Nya. Saya bersaksi bahwa tidak Tuhan yang patut disembah kecuali Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

            Gunung bulusaraung merupakan gunung yang berada di Sulawesi Selatan lokasinya tepat diantara kabupaten Pangkep dan kabupaten Maros dan berada di kecamatan Balocci desa Tompobulu dimana memiliki ketinggian pada 1353 mdpl. Gunung bulusaraung ini termasuk gunung yang banyak dikunungi para wisatawan maupun pendaki. Jalur pendakian gunung bulusaraung ini menempuh jarak sekitar 4 sampai 5 jam dari pemberhentian terakhir. Jalur pendakian ini cukup menantang dan sedikit ekstrim apalagi saat musim hujan pastinya kondisi jalan menjadi sangat licin dan sangat menyulitkan para pendaki terutama bagi pendaki pemula.
Jalur Pendakian Gunung Bulusaraung Yang Menantang 


  
Walaupun jalur pendakian gunung bulusaraung tergolong sulit, ada beberapa pos istirahat yang memiliki pemandangan cukup indah dimana dapat mengobati rasa lelah dalam pendakian pucak gunung bulusaraung. Gunung bulusaraung ini memiliki beberapa species flora dan fauna diantaranya tumbuhan rotan, kemiri, kelapa, serta beberapa tumbuhan warga yang tumbuh di sekitar jalur pendakian gunung bulusaraung. Sedangkan fauna yang ada seperti kera hitam, kupu-kupu, musang, dan masih banyak yang lain.
Pemandangan Jalur Pendakian Gunung Bulusaraung Yang Tak Kalah Indah 


 

Gunung bulusaraung ini memiliki 9 pos yang sengaja dibangun pemerintah sebagai tempat istirahat bagi para wisatawan atau pendaki. Jarak pos ke pos yang lain hanya membutuhkan waktu selama 30 menit. Biasanya para pendaki jika ingin menginap di gunung bulusaraung membuat basecamp di pos 9 atau pos terakhir sebelum puncak. Pada jalur pendakian gunung bulusaraung tepatnya di puncak, terdapat pemancar radio milik BTNBB atau disebut dengan tugu Treanggulasi oleh para pendaki gunung.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Alam & Budaya: Mendaki Gunung Bulusaraung Kab. Pangkep (JKKB 2013 FIK UNM)"