Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Ketika Al-Quran berlabuh di Hatimu



🕋Tabligh Akbar 🕋

*"Ketika Al-Quran berlabuh di Hatimu"*
 Bersama Fadhilatus Syaikh *Prof Dr Nashir Bin Sulaiman Al-Umar*Hafidzahullah

Setelah Syaikh memuji Allah dan Bersalawat kepada Nabi Muhammad maka beliau melanjutkan..

"Menjadi suatu keniscayaan bagi kita untuk memperoleh kebahagiaan dan cahaya untuk memenuhi itu semua adalah Al-Quran. Perkataan Allah adalah kebenaran dan tidak ada keraguan dia memberi petunjuk (aqwam) ke jalan yang lurus dan menjadi peringatan bagi kalian agar kalian mendapatkan kebahagiaan."
Kita tahu bahwa dahulu para sahabat Rasulullah pernah hidup dalam kegelapan jahiliah dan pahitnya kebodohan kemudian Allah menurunkan Al-Quran untuk mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya
Al-Quran bukan hanya diturunkan untuk sahabat melainkan Untuk seluruh semesta alam

Pertanyaan...?? Kaum muslimin semua baca Al-Quran bahkan menghafalkannya namun masih sj diantara kita merasakan kegelisahan2 ..dimana /bagaimana Al-Quran menjadi sumber kebahagiaan...?!

"Allah Maha Benar dan Rasul-nya adalah menyampaikan kebenaran berikut akan kita ungkapkan yg menjadi jalan keluar atas permasalahan yang kita hadapi...

Ada apa dengan kaum muslimin...?

1.Sebagian kita hanya berhenti pada melafalkan pada lisan2 padahal Al-Quran harusnya berhenti sampai hati2 kita..

2.Mereka tidak mentadabburi Al-Quran padahal Allah telah berfirman yang artinya Apakah mereka tidak mentadabburi Al-Quran....Alhamdulillah disebagian negara telah mempraktekkan mempelajari, menghafalkan Al-Quran namun tidak sampai pada mentadabburi Al-Quran.. Padahal kebaikan kita yaitu pada mentadabburi Al-Quran. Dan persoalan ini adalah persoalan kita semua karena kurangnya kita mendatangi majelis tadabbur Al-Quran.
Tafsir berbeda dengan tadabbur Al-Quran..
Tadabbur adalah tafakkur dan berusaha bersama dan Mengamalkan ayat Al-Quran, setiap kita diberi akal dan pikiran untuk bisa mentadabburi Al-Quran tetapi tidak semau kita sj melainkan ada metode dan cara dalam mentadabburi Al-Quran

Imam Hasan al-Basri
Mereka menegakkan huruf-hurufnya tetapi tidak menegakkan makna-maknanya mereka membaca namun tidak mengamalkannya

Sebagian kita menganggap meninggalkan Al-Quran ketika tidak membacanya padahal,apakah kita rela Rasulullah mengadukan kita termasuk orang yang meninggalkan Al-Quran..

1.Tidak membacanya
2.Tidak mengamalkannya
3.Tidak berhukum
4.Tidak berobat bukan hanya Ruqiyah tetapi mentadabburi
5.Tidak mentadabburi Al-Quran

Ibnu katsir meninggalkannya yaitu tidak mentadabburi dan Mengamalkannya

Surah An-Nahl "sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu Al-Quran sebagai petunjuk dari segala sesuatu..

Contoh banyak orang mengeluhkan persoalan keluarga dll dalam Al-Quran Allah menggambarkan bahwa Al-Quran itu adalah syifaa atas segala sesuatu ditanyakan kepada Syaikh Utsaimin mengapa dalam Al-Quran tidak ada Surah tentang Syifaa ..? Karena sesungguhnya seluruh Al-Quran adalah Syifaa..

Surah At-Thalak yang Artinya "barangsiapa yang bertakwa kepada Allah maka akan dijadikan baginya jalan keluar" maka amalkan sj ayat ini termasuk dalam surah Di dalam kesulitan ada kemudahan contoh botol air yang di dalamnya ada air yg luar plastik tetapi di dalamnya ada air yang menyegarkan ketika diminum.

Seorang Syaikh mendapati solusi dari masalah dalam surah As-Syurah apa2 musibah yang menimpa kita berasal dari perbuatan tangan kita sendiri..

Bagaimana tadabburnya..?

Jika sy mendapati masalah dalam Rumah tangga maka sy akan tanyakan pada mereka apakah masalah ini adalah musibah..?

Maka sy akan katatakan bahwa penyebabnya adalah dosa sy dan Anda kepada Allah..
Meskipun berasal dari orang lain namun itu semua terjadi di sebabkan oleh dosa kita sehingga Allah mengijinkan itu semua terjadi..! Maka aku akan segera beristighfar dan memohon ampunan kepada Allah dan banyak sekali persoalan yang selesai baru dengan beristighfar  kepada Allah.
Contoh

Persoalan seorang Wanita yang belum memiliki keturunan kemudian dia mendengar seorang imam membaca surah Nuh...

Oleh karena itu semua Nabi memerintahkan umatnya untuk banyak beristighfar tentunya memiliki syarat-syarat yaitu :

1.Ikhlas
2.Takwa
3.Gantungkan hati dan harapan hanya kepada Allah
4.Tidak ragu-ragu
5.Jangan tergesa-gesa

Surah Al Anbiya setiap nabi menghadapi permasalahan dan Allah selalu memberikan pertolongan dan jalan keluar maka tadabburi Al-Quran dan jangan hanya lewat lisan2 kita..dan akhirnya.. "Al-Quran akan berlabuh di Hatimu"
 Ditutup dengan pesan pendidikan anak

" Sebagaimana hadirnya anak adalah hasil kerjasama yang baik antara ibu dan ayah maka sudah semestinya mereka bekerja sama dalam mendidik anak-anak."
Siapkan lingkungan yang baik terhadap anak-anak kita maka Musuh-musuh Allah tahu maka mereka mengarahkan panah2nya ke wanita-wanita Muslimah.

"Maka pesan Syaikh kepada kaum muslimah untuk mentadabburi surah An-Nisa,dan Maryam"

Tanya jawab : Mengapa sebagian Manusia ketika membaca Al-Quran ditimpa kemalasan ?
Jawab : Tentunya ini dari syaitan maka ketika memulai membacanya memohon perlindungan kepada Allah dari godaan syaitan.. Jangan hanya dibaca tetapi di tadabburi ...
*Semoga Bermanfaat@

             💐💐💐
══════ ❁✿❁ ══════

➡ Bergabunglah dan Sebarkan Dakwah & Informasi Seputar Ummat Islam⤵

📡Berita Ummat Islam..
📲Gabung Group WA: ☎085298527223
📝Caranya: BUI#Nama#Kota#Instansi.
💼 Sebarkan! Raih pahala...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ketika Al-Quran berlabuh di Hatimu"