Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Guru Kreatif: Ciri Guru Profesional



Guru kreatif ciri guru profesional. Paling tidak ada dua hal yang berkaitan dengan profesi guru. Pertama, guru itu jabatan profesional. Yaitu pekerjaan yang dilakukan dengan menguasai kompetensi tertentu. Dalam hal ini adalah 4 kompetensi dasar sebagai guru profesional. Kompetensi tersebut diperoleh melalui program pendidikan dan latihan.
Kedua, memperoleh penghasilan yang memadai dari jabatan yang disandang oleh guru. Dalam hal ini, guru memperoleh penghasilan tetap sesuai pangkat dan golongan guru bersangkutan. Bagi guru yang telah memperoleh sertifikat pendidik profesional akan memperoleh penghasilan yang cukup besar.

guru,kreatif,profesional

Pendidik profesional dipastikan akan kreatif dalam menjalankan tugas profesinya. Seperti dibahas sebelumnya, dikemukakan 10 ciri guru kreatif. Kesepuluh ciri tersebut dimiliki oleh guru profesional. Oleh sebab itu, guru profesional identik dengan guru kreatif. Mengapa demikian?
Guru profesional minimal memiliki 4 kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan kompetensi sosial. Guru kreatif akan berusaha untuk mengembangkan semua kompetensi tersebut secara kreatif dan mandiri.
Guru kreatif akan mampu mengembangkan strategi dan metode pembelajaran efektif dan efisien. Pembelajaran akan menarik dan dirasakan manfaatnya oleh peserta didik. Muaranya akan terwujud pembelajaran berkualitas.
Kemampuan profesional akan diasah secara kreatif sehingga menjadi seorang guru yang betul-betul profesional di bidangnya. Menjadi pribadi guru yang patut digugu dan ditiru oleh lingkungan masyarakat sekitarnya.
Yang tak kalah menarik dari guru kreatif adalah mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Guru kreatif akan menjadi pemecah masalah yang handal di tengah masyarakat. Itulah sebabnya, mengapa guru kreatif itu identik dengan guru profesional.
Syukran Jazakamullahu Khairan@

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Guru Kreatif: Ciri Guru Profesional"