Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

3 Tugas Pokok Guru Disekolah



3 Tugas pokok guru di sekolah. Sekolah adalah lembaga pendidikan dengan kegiatan inti proses belajar dan mengajar. Proses belajar dilakukan oleh siswa, bahkan oleh guru sendiri. Kedua proses tersebut berlangsung dalam tempat dan waktu bersamaan. Saat guru mengajar namun saat itu pulalah sesungguhnya seorang guru sedang belajar.
Namun demikian sasaran utama pembelajaran di sekolah adalah proses belajar siswa. Artinya, pembelajaran di ruang kelas menitik beratkan pada proses bagaimana siswa belajar. Peran guru adalah bagaimana menciptakan suasana belajar sesuai tugas pokoknya dalam pendidikan di sekolah.


Berkaitan dengan pendidikan di lembaga sekolah, ada 3 tugas pokok guru dalam pendidikan. Uraiannnya sebagai berikut:

1.Mengajar.
Mengajar mengandung arti dangkal  yaitu menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Mentransfer sejumlah ilmu pengetahuan kepada siswa sesuai disiplin ilmu yang diasuh. Sasaran tugas ini adalah aspek kognitif siswa.  Untuk melaksanakan hal ini diperlukan strategi dan metode, serta media pembelajaran yang sesuai.

2.Mendidik.
Mendidik termasuk tugas guru yang agak komplit dan rumit. Tugas ini berkaitan dengan sikap dan tingkah laku yang baik. Bagaimana mengubah sikap dan perilaku siswa ke arah yang lebih baik.
Dalam satu kelas diisi oleh siswa dengan berbagai karakter dan tingkah laku. Aneka karakter yang dimiliki oleh siswa akan dikembangkan dan diarahkan kepada karakter dan tingkah laku yang lebih baik.
Mengembangkan karakter dan tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik tidak bisa diajarkan melalui doktrin-doktrin. Yang diperlukan adalah suri tauladan dan contoh-contoh yang baik dan nyata dari seorang guru. Konsekuensinya adalah guru perlu berkepribadian yang baik sesuai norma-norma yang berlaku.

3.Melatih.
Tugas guru melatih siswa tidak sama dengan seorang pelatih lainnya. Tugas guru ini sejalan dan bersifat sinergis. Saat mengajar dan mendidik, maka saat itu pula dapat dilaksanakan tugas guru sebagai pelatih. Melatih dengan berbagai kemampuan dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik. Ketiga tugas pokok guru tersebut dikembangkan dalam 4 kompetensi dasar guru profesional.
Syukran Jazakumullahu Khairan@

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tugas Pokok Guru Disekolah"