Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

10 Ciri Guru Kreatif



Menjadi guru yang kreatif adalah impian semua pendidik. Namun tidak mudah untuk mewujudkan impian itu. Banyak faktor yang mempengaruhi kreativitas seorang guru. Artinya, kreativitas itu tidak datang dengan sendiri melainkan muncul berkat adanya dukungan dari lingkungan eksternal pribadi seseorang.
Kreativitas itu bawaan atau bakat seseorang. Tidak semua orang yang memiliki potensi bakat untuk  kreatif. Begitu pula guru, tidak semuanya yang memiliki kreativitas. Banyak guru yang mengandalkan kondisi lingkungan pembelajaran apa adanya. Sudah merasa cukup dengan apa yang sudah dijalankan dan dicapai dalam mengajar. Padahal, di tengah perkembangan zaman ini seorang guru harus mampu beradaptasi dan berpikir cepat dalam menghadapi tugas keguruannya.

ciri,guru,kreatif

Kreativitas seseorang juga ditentukan oleh wawasan pengetahuan serta kebiasaan dan latihan tertentu. Orang yang berwawasan dan pengetahuan lebih cenderung untuk kreatif dalam melakukan kegiatan.
Bagaimana ciri-ciri guru kreatif dalam pendidikan? Paling tidak ada 10 ciri yang utama dari guru yang kreatif:

1. memiliki kreasi-kreasi terbaru yang bersifat inovasi dalam
    mengembangkan model pembelajaran.
2. mampu merancang dan mendisain perangkat pembelajaran secara
    mandiri.
3. mampu menyajikan materi pelajaran dengan metode yang bervariasi.
4. Mampu menyajikan pembelajaran yang menyenangkan.
5. Selalu optimis dalam melaksanakan tugas.
6. Menjadi pemecah masalah dalam hubungan komunikasi social.
7. Selalu melakukan eksperimen dalam menjalankan tugasnya.
8. Berpikir positif.
9. Taat beribadah
10. Menjadi panutan bagi rekan sesama guru.
Demikian 10 ciri guru kreatif versi blog profesi guru. Mudah-mudahan menjadi bahan inspirasi bagi Anda, khususnya para guru.
Syukran Jazakamullahu Khairan@

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Ciri Guru Kreatif"