Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Motivasi Hidup: 4 Cara Menghargai Hidup Anda



Apakah anda menghargai hidup?
Mungkin mudah untuk menjawab “ya” dengan cepat untuk pertanyaan ini, tapi berapa banyak intensitas yang anda masukkan ke dalam jawaban anda? Faktanya adalah, bahkan orang-orang dengan sikap mental yang positif sekalipun masih memiliki banyak ruang untuk lebih menghargai hidup. Belajar untuk lebih menghargai hidup mengalahkan hampir semua tip produktivitas lainnya. Mana yang lebih mudah, membuat uang anda dua kali lipat banyaknya, atau dua kali lebih menghargai pada apa yang sudah anda miliki? Tips di bawah ini akan membantu anda jauh lebih menghargai hidup.
1. Ingatlah bahwa anda tidak akan hidup untuk selamanya.
Pertama dan terpenting, ingatlah bahwa waktu anda di dunia adalah terbatas, dan itu terserah anda untuk memutuskan bagaimana anda akan menggunakannya. Ketika seseorang bertahan dari pengalaman mendekati kematian, mereka selalu memutuskan untuk menjalani hidup sepenuhnya setelah saat itu. Tapi apakah anda harus menunggu pengalaman mendekati kematian terlebih dahulu? Mengapa tidak memutuskan untuk menjalani hidup anda sepenuhnya mulai saat ini? Di sisi lain, anda bisa mencurahkan seluruh hidup anda untuk mengeluh. Pilihan ada di tangan anda.
2. Tuliskan apa yang anda syukuri.
Buatlah jurnal kecil untuk mencatat hal-hal yang datang ke pikiran anda. Jangan merasa bahwa anda hanya dapat menuliskan hal-hal besar saja seperti pindah ke rumah baru, atau memiliki bayi. Akan jauh lebih bermanfaat jika anda memutuskan untuk menurunkan standar apa yang masuk ke dalam buku harian anda, sehingga anda merasa bebas untuk menuliskan hal-hal kecil seperti menemukan sepeser uang di jalan, atau melewati persimpangan sebelum lampu lalu lintas berubah kuning. Ini bukan tentang tindakan menulis hal-hal kecil, tapi lebih untuk membentuk kebiasaan mencari hal-hal yang dapat anda tuliskan. Ketika anda telah berhasil menjadikannya sebuah kebiasaan, anda akan melihat dan menghargai banyak hal yang mungkin tidak anda perhatikan sebelumnya. (Baca juga artikel Bersyukur dan Mengucapkan Terima Kasih)
3. Pikirkan tentang bagaimana rasanya dahulu kala.
Daripada mengeluh bahwa anda tidak dapat menemukan acara yang menarik di TV meskipun saat ini terdapat ratusan saluran kabel digital, ingatlah bahwa 60 tahun yang lalu, anda mungkin tidak mampu mendapatkan TV sama sekali. Daripada mengeluh bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mengisi tangki mobil anda sangat besar, ingatlah bahwa 100 tahun yang lalu anda akan beruntung jika mobil anda bahkan memiliki mesin. Daripada mengeluh bahwa rumah anda tidak memiliki halaman yang cukup atau loteng, ingatlah bahwa 3.000 tahun yang lalu anda akan tinggal di bawah tenda yang terbuat dari kulit hewan.
Kita seharusnya merasa cukup beruntung untuk dilahirkan pada waktu yang tepat, meskipun beberapa orang berpikir waktu-waktu tertentu di masa lalu lebih baik. Semuanya tergantung pada perspektif kita sendiri, dari sudut mana kita memandang.
4. Pikirkan tentang seberapa buruk itu dapat terjadi.
Ketika anda melihat kehidupan anda dibandingkan dengan siapa pun yang anda pikir memiliki kehidupan yang sempurna, pada kenyataannya mungkin tidak seindah seperti yang anda bayangkan. Seseorang bisa menjadi miliarder, namun kemudian mereka juga memiliki stres yang datang bersamaan dengan kekayaannya tersebut. Seseorang bisa menjadi terkenal, namun kemudian mereka tidak pernah memiliki privasi. Memang beberapa orang akan melakukan sesuatu lebih baik dibanding yang lain, tapi seberapa penting anda harus mengeluh tentang hal tersebut?
Faktanya adalah, anda mungkin telah melakukan sesuatu dengan sangat baik sesuai standar secara global. Jika anda membaca artikel ini, maka tampaknya anda memiliki akses internet, anda memiliki waktu luang untuk membaca blog, dan anda memiliki ketertarikan dalam pengembangan diri. Ini adalah hal yang besar dan tidak semua orang memilikinya. Kemungkinan besar anda tidak perlu khawatir tentang kecukupan makanan yang bisa anda nikmati, dimana sebagian penduduk dunia masih menganggap makanan sebagai sebuah kemewahan yang besar.
Pertimbangan terakhir
Saya tidak menyarankan anda berhenti berusaha untuk meraih semua yang anda inginkan. Banyak waktu terpakai dimana kita begitu terfokus untuk mencoba membuat hidup kita lebih baik sehingga kita lupa untuk menghargai apa yang sudah kita miliki. Jika anda terobsesi untuk mencapai beberapa garis finish di kejauhan, anda akan menghabiskan seluruh hidup anda mencoba untuk sampai ke sana, dan kemudian menyadari di akhir nanti bahwa anda telah kehilangan banyak sepanjang jalan. Jangan lakukan itu, mulailah menghargai apa yang sudah anda capai dan miliki sejak saat ini.
Semoga Bermamfaat, Shukran Jazakallah Khairan@

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Motivasi Hidup: 4 Cara Menghargai Hidup Anda"