Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Pendidikan Jasmani: Peran Penjas Dalam Pembentukan Karakter

         Kegiatan pendidikan jasmani menekankan pada kesehatan, tentang olahraga. Olahraga dan pendidikan jasmani tidak dapat dipisahkan yang saling mempunyai keterkaitan antara olahraga dan pendidikan jasmani. Pembinaan pengembagan olahraga merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang ditunjukkan pada peningkatan jasmani dan rohani, pemupukan watak, disiplin, dan sportifitas, serta pengembangan prestasi olahraga yang dapat membangkitakan rasa kebanggan nasional.

Sportifitas dapat mengembangkan jiwa kejujuaran dan rasa kebersamaan antar sesama. Kejujuran sangat diperlukan dalam perkembangan bangsa Indonesia yang masih dinggap sebagai negara berkembang. Jadi, pendidikan jasmani berperan dalam menentukan kepribadian manusia Indonesia. Pendidikan jasmani mengajarkan tentang kesadaran lingkungan hidup, melestarikan nilai-nilai kehidupan yang selalu dibutuhkan manusia. Pendidikan jasmani dalam praktikumnya kebanyakan dilaksanakan berhubungan kontak langsung dengan alam sekitar, udara juga merupakan salah satu komponen penting dalam pelatihan pendidikan jasmani, kesegaran alam juga mempengaruhinya. Dengan sering kontak langsung dengan alam, menumbuhkan sikap pecinta alam dan melindungi alam planet bumi yang sekarang disebut-sebut mengalami sakit parah dalam keadaan alamiahnya.
Dalam pendidikan jasmani mempunyai strategi-strategi tertentu dalam pembelajarannya, sehingga memberikan pola pikir lebih kritis dalam pencapaian suatu tujuan. Strategi-strategi tersebut memiliki proses dan sistematis yang jelas. Memberikan rasa pemupukan rasa percaya diri dalam melalui strategi dalam pelatihan jasmani sehingga membentuk pribadi yang mandiri dan mampu mengembangkan pemikiran-pemikiran baru yang berguna bagi ilmu pengetahuan. Kegiatan ke-jasmani-an juga sebagai pengisi waktu luang yang bersifat positif dan kreatif, karena setiap kegitannya memiliki ragam kreatifitas yang positif bagi pembentukan kepribadian.
Oval: 5Watak disiplin juga ditekankan dalam pelaksanaan pendidikan jasmani, kedisiplinan dalam pelaksanaannya seperti ketepatan waktu yang digunakan saat pelaksanaan kegiatan tersebut. Dengan disipin, pola hidup seseorang akan berubah, individu tersebut dituntut untuk ketepatannya dalam melalakukan kegiatan dalam segala bidang sehingga menjadikan pola kehidupan intelek yang ideal. Menjadikan pola hidup yang sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga.

sumber: http://hillmerlinda.blogspot.com/2011/10/peranan-pendidikan-jasmani-dalam.htm

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendidikan Jasmani: Peran Penjas Dalam Pembentukan Karakter"