Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Modifikasi Cabang Olahraga (Pendididkan Kepelatihan Olahraga FIK UNM)



Oleh: Muhammad Akbar, S.Pd
(Penulis & Guru SMP IT Wahdah Islamiyah, Serta
Alumni Pendididkan Kepelatihan Olahraga
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar)
Modifikasi adalah cara merubah bentuk sebuah barang dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik tanpa menghilangkan fungsi aslinya,serta menampilkan bentuk yang lebih bagus dari aslinya.
1.Gambar modifikasi lapangan sepak bola yang sudah dimodifikasi menjadi sepak bola mini

Permainan Sepakbola merupakan cabang olahraga yang berbentuk permainan dan di dalamnya terdapat beberapa macam keterampilan dasar bermain sepakbola. Permainan sepakbola merupakan salah satu materi wajib ada dalam pembelajaran penjas. Permainan sepak bola mini merupakan modifikasi daripada sepak bola biasa(untuk dewasa). Sepak bola mini berbeda aturan dan permainanya dengan futsal. Sepak bola mini memang ditujukan untuk siswa sekolah dasar sehingga bentuk lapangan dan peraturannya juga disesuaikan. Olah raga ini hanya sebagai permainan saja, dan bukan untuk mengejar prestasi.dengan adanya moifikasi ini tentu saja dapat mengefektifkan proses belajar mengajar.
Teknik dasar dalam sepak bola mini dan sepak bola sama saja diantaranya dribling,passing,shoting,heading. Peralatan permainan sepak bola mini dan sepak bola  jelas jauh berbeda baik itu dari segi ukuran lapangan,peraturan,dan modifikasi inilah yang sangat baik bagi siswa sekolag dasar lapangan:ukurannya 60 x 40 m,tinggi gawang 2 m,lebar 5 m,jarak tendangan penalti 9 m,daerah penalti 12 x 13 m,lama.
Peraturan permainan sepak bola mini sama dengan peraturan sepak bola biasa. Biasanya dilakukan sedikit perubahan untuk menyesuaikan dengan umur anak. Misalnya dalam permainan sepak bola mini biasanya tidak menggunakan offside. Beberapa peraturan sepak bola mini antara lain sebagai berikut :
  • Lama bertanding : 2 x 20 menit dengan waktu istrahat 10 menit. 
  • Bola yang digunakan ukuran No 4 (empat). 
  • Pemain Sepak Bola Mini (7 pemain inti dan 3 cadangan). 
  • Pergantian pemain bebas (tidak ditentukan jumlahnya).
  • Jumlah pemain dalam permainan adalah 7 lawan 7.
  • Jika terjadi draw biasanya langsung diadakan tendangan pinalti (tidak menggunakan perpanjangan waktu)
  • Penggunaan kartu merah dan kartu kuning tidak diberlakukan, jika ada pemain yang melanggar hanya diberi peringatan saja.
  • Offside tidak diberlakukan

2. Modifikasi permainan bulutangkis
Permainan bulutangkis adalah suatu permainan  degan tujuan menyeberangkan  shuttlecock  ke daerah lawan  dengan melewati net dengan cara memukul  menggunakan raket, bila kita melakukan modifikasi permainan  dengan menghilangkan unsur tersebut diatas maka permainan yang kita modifikasi tersebut bukan lagi permainan bulutangkis
Bila aturan secondary yang dirubah maka hal ini yang seharusnya pendidik lakukan dalam memodifikasi suatu permianan (sidentop,Hastie dan Van Der Mars)
Contoh:             
1. Merubah ukuran lapangan
2. Ukuran, berat jenis alat  shuttlecock atao raket
3. Scoring
4. Pemain
5. Tinggi net
Modifikasi permainan tidak ditujukan  untuk mengubah hakekat permainan  cabang olahraga, modifikasi dilakukan untuk menyesuaikan  situasi dan kondisi agar permainan dapat  dimainkan dan dinikmati oleh  kelompok tertentu terutama siswa sekolah dasar (peserta didik)

3.  Modifikasi Olahraga Lompat Tinggi
A.  Tehnik Dasar Lompat Tinggi
Semua gaya lompatan dapat dibedakan menjadi 4 tahap, yaitu :
a) Awalan, gerakan berlari menuju mistar
b) Tolakan, gerakan kaki menumpu pada lantai untuk menaikkan badan
c) Melayang, gaya dan kedudukan badan ketika berada di udara dan di atas mistar.
d) Mendarat, jatuhnya badan diatas matras.
B.  Modifikasi Olahraga Lompat tinggi
Seorang guru tidak hanya mengetahui tehnik atau materi dasar tentang lompat tinggi  tapi seorang guru juga harus mengetahui tentang modifikasi-modifikasi olaharga. Karna tidak menutup kemungkinan seorang guru mengajar di suatu sekolah yang tidak mempunyai fasilitas-fasilitas olahraga yang dibutuhkan siswa. Sehingga proses belajar mengajar kurang efektif di bidang olahara.
Maka itu seorang guru mampu memodifikasi cabang olahraga yang diajarkannya. Sehingga siswa yang diajar itu tidak bosan atau jenuh. Apalagi siswa yang diajar itu adalah siswa SEKOLAH DASAR yang notabenenya kebanyakan butuh bermain. Maka dari itu kami akan memodifikasi salah satu cabang olahraga. Sehingga guru mendapatkan bahan untuk diajarkan di sekolah terkhusus di sekolah tingkat dasar yaitu olahraga lompat tinggi.
MODIFIKASI OLAHRAGA LOMPAT TINGGI
Mengambil kardus bekas lima sampai tujuh kardus bekas. Kemudian mengambil sebilah bambu dan jeramih sebanyak yang kita butuhkan. Kemudian kardus bekas itu disusun sesuai tinggi yang kita inginkan. Dan bilah bambu disimpan di atas kardus yang telah disusun sedemikian rupa sehingga mempu menyerupai peralatan lompat tinggi. Kemudian jeramih-jeramih di simpan di depan kardus yang telah disusun sebagai pengganti dari matras. Kemudian gaya dari lompat tinggi itu sendiri tidak ditentukan yang penting siswa mampu melompati sebilah bambu yang telah dipasang diatas kardus bekas.
Dan mendarat baik di atas jeramih-jeramih yang telah disiapkan di depan kardus yang telah disusun sedemikian rupa sehingga mempu menyerupai peralatan lompat tinggi. Sebelum guru memberikan modifikasi ini kepada siswanya. Sebaiknya guru memberitahukan terlebih dahulu bahwa tehnik dasar yang sebenarnya itu begini. Sehingga siswa mengetahui materi dari lompat jauh itu sendiri.


Modifikasi sarana untuk lompat tinggi  Sarana lompat tinggi dengan tiang kayu dan mistar bambu



Sarana lompat tinggi dengan kardus dan bilah bambu

Semoga Bermamfaat, Shukran Jazakallah Khairan@

Baca Juga: 1. Modifikasi Olahraga Bola Basket Move Ring

                        2. Makalah Modifikasi Olahraga

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Modifikasi Cabang Olahraga (Pendididkan Kepelatihan Olahraga FIK UNM) "