Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Hadits Lemah: Banyak Bicaranya Akan Banyak Salahnya



Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar,
من كثر كلامه كثر سقطه ومن كثر سقطه كثرت ذنوبه ومن كثرت ذنوبه كانت النار أولى به
barangsiapa yang banyak bicaranya niscaya akan banyak salahnya, dan barangsiapa yang banyak salahnya maka akan banyak dosanya, dan barangsiapa yang banyak dosanya maka lebih pantas masuk neraka
Diriwayatkan oleh Al Uqaili dalam Adh Dhu’afa (336), Ath Thabrani dalam Al Ausath (502), dan lainnya dari jalan Ibrahim bin Asy’ats telah menceritakan kepada kami Isa bin Musa dari Umar bin Rasyid dari Yahya bin Abi Katsir dari Nafi’ dari Ibnu Umar secara marfu’.
Derajat hadits: lemah.
Berkata Al Uqaili: “Isa seorang yang majhul, sedangkan Umar saya tidak tahu siapakah dia itu, maka hadits ini tidak shahih”.
Hanya saja Al Hafidz Ibnu Hajar berkata: “Isa adalah seorang yang shaduq namun terkadang salah, juga terkadang mudallis, dia banyak meriwayatkan hadits dari orang-orang yang ditinggalkan haditsnya”.
Semoga Bermamfaat, Shukran Jazakallah Khairan@
[Disalin dari buku “Hadits Lemah dan Palsu Yang Populer Di Indonesia” karya Ust. Ahmad Sabiq hal. 251]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hadits Lemah: Banyak Bicaranya Akan Banyak Salahnya"