Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Bahaya Doping Dalam Olahraga (Pendididkan Kepelatihan Olahraga FIK UNM)

Oleh: Muhammad Akbar, S.Pd
(Penulis & Guru SMP IT Wahdah Islamiyah, Serta
Alumni Pendididkan Kepelatihan Olahraga
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar)

Stimulan Tujuan : Meningkatkan tingkat kewaspadaan, tingkat kompetisi dan agresi dan membantu melawan kelelahan. Efek samping : Tekanan darah dan suhu tubuh naik, serta membuat detak jantung tak beraturan. Akibat lain termasuk detak jantung berhenti dan stroke.
Diuretik Tujuan : Membantu mengurangi cairan yang ada di dalam tubuh. Mengurangi berat badan dan mengencerkan urine sehingga sulit untuk mendeteksi adanya jenis obat-obatan lain. Efek samping : Dehidrasi hebat. Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH) Tujuan : Merangsang pertumbuhan otot dan jaringan tubuh. Efek samping : Perubahan bentuk tubuh, di mana kaki, tangan, dan rahang membesar secara tidak alami. Erythropoietin (EPO) Tujuan :
Mendorong pembentukan sel darah merah yang memungkinkan peningkatan kapasitas tubuh dalam menggunakan oksigen. Efek samping : Tekanan darah tinggi, arteri dan pembuluh darah mampet, otak membengkak dan terkena serangan stroke. Beta-Blocker Tujuan : Menurunkan detak jantung dan menghentikan gemetar dalam olahraga seperti menembak. Efek samping : Lelah, depresi, dan gagal ginjal.
Doping Darah (metode) Tujuan : Meningkatkan jumlah sel darah merah secara artificial. Darah diambil dari atlet yang bersangkutan, disimpan dan kemudian dimasukkan lagi ke tubuh mendekati saat pertandingan. Efek samping : Infeksi (termasuk AIDS), gagal ginjal dan hati, kerusakan otak.
Jadi doping mempunyai dampak positif dan negatifnya,bila digunakan dengan baik maka doping sangat berfungsi bagi pemakainya seperti para medis menggunakan doping untuk tujuan pengobatan. Adapun tujuan lain yang banyak digunakan orang adalah pemakain diluar fungsi dari doping itu sendiri,sehingga fungsi doping itu tidak tercapai justru menelan banyak korban.dan banyak juga di pakai di kalangan olahraga maksud tujuan mencapai prestasi malah justru sebaliknya. Maka di harapkan jangan menggunakan doping hanya untuk manfaat diluar manfaat doping tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Doping Dalam Olahraga (Pendididkan Kepelatihan Olahraga FIK UNM) "