Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

PENTINGNYA PENDIDIKAN UNTUK MASA DEPAN



            Pendidikan merupakan kebutuhan sepanjang hayat. Setiap manusia membutuhkan pendidikan, sampai kapan dan dimanapun ia berada. Pendidikan sangat penting artinya, sebab tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang dan bahkan akan terbelakang. Dengan demikian pendidikan harus betul-betul diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing, di samping memiliki budi pekerti yang luhur dan moral yang baik.
            Tujuan pendidikan yang kita harapkan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan”. Pendidikan harus mampu mempersiapkan warga negara agar dapat berperan aktif dalam seluruh lapangan kehidupan, cerdas, aktif, kreatif, terampil, jujur, berdisiplin dan bermoral tinggi, demokratis, dan toleran dengan mengutamakan persatuan bangsa dan bukannya perpecahan.
            Empat pilar pendidikan sekarang dan masa depan yang dicanangkan oleh UNESCO yang perlu dikembangkan oleh lembaga pendidikan formal, yaitu:
1.      learning to Know (belajar untuk mengetahui)
2.      learning to do
(belajar untuk melakukan sesuatu) dalam hal ini kita dituntut untuk terampil dalam melakukan sesuatu,
3.      learning to be (belajar untuk menjadi seseorang)
4.      learning to live together (belajar untuk menjalani kehidupan bersama).
Dalam rangka merealisasikan `learning to know`, Guru seyogyanya berfungsi sebagai fasilitator. Di samping itu guru dituntut untuk dapat berperan sebagai teman sejawat dalam berdialog dengan siswa dalam mengembangkan penguasaan pengetahuan maupun ilmu tertentu. Learning to do (belajar untuk melakukan sesuatu) akan bisa berjalan jika sekolah memfasilitasi siswa untuk mengaktualisasikan keterampilan yang dimilikinya, serta bakat dan minatnya. Walaupun bakat dan minat anak banyak dipengaruhi unsur keturunan namun tumbuh berkembangnya bakat dan minat tergantung pada lingkungannya. Keterampilan dapat digunakan untuk menopang kehidupan seseorang bahkan keterampilan lebih dominan daripada penguasaan pengetahuan dalam mendukung keberhasilan kehidupan seseorang.
Pendidikan sangat berperan penting dalam kehidupan kitadan masa depan kita, beberapa hal yang terpenting dimasa depan adalah sebagai berikut :
a.       Kemampuan ekonomi
Hal itu penting dalam masa depan seseorang agar hidup kita ini menjadi tidak serba kekurangan dan bisa beradaptasi dengan suasana dunia yang serba modern ini.
b.      Kepuasan hati
Merupakan hal yang masuk kedalam hal yang terpenting bagi masa depan karena kepuasan hati erat kaitannya dengan kemantapan iman seseorang kepada tuhan yang maha Esa, jika sudah sampai pada tingkatan ini, hidup seseorang karena situasi apaun yang terjadi akan dihadapinyadengan hati yang lapang pada alirannya, masalah-masalah akan cepat terselesaikan.
c.       Kesehatan
Kesehatan merupakan hal yang penting dalam Bagi masa depan, karena dengan kesehatan raga maupun jiwa semua yang ada dihadapan kita apapun itu antara halangan atau yang lainnya untuk Bagi masa depan akan bisa ditempuh dengan baik dengan disertai do’a.
d.      Jabatan/statis social
Jabatan/Statis Social yaitu penting dalam hidup kita karena dengan jabatan kita bisa dikenal oleh masyarakat, seperti kita menjadi seorang gurudi madrasah, itu akan lebih dikenal oleh masyarakat dan bisa juga lewat mendidik murid-murid akan mendapat pahala dan uang.
e.       Keharmonisan keluarga
keluarga adalah lingkungan yang paling kecil bagi semua yang ada di dalam keluarga tersebut, keharmonisan keluarga sangat penting bagi masa depan agar saat ada masalah bisa dilumpuhkan dengan bicara dengan halus-halus untuk mencari solusi masalah tersebut. Kapan ada masalah dalam keluarga dan keluarga itu tidak harmonis akibatnya akan menghambat jalan kemasa depan yang lebih baik.
f.       Keahlian
kreatifitas seseorang bisa bisa dijadikan pekerjaan dan bisa menghasilkan uangseperti daur ulang dari sampah bisa menjadi apa yang diinginkan dengan keahlian, mendaur ulang sampah bisa menjadi masa depan yang cerah  bagi dirinya sendiri ataupun bagi Negara yang di tempati. Dan yang terakhir bisa dikenal dengan jaminan hidup dimasa depan.
Sebagai manusia, kita harus mempunyai pandangan untuk hidup bagi diri kita sendiri dan keluarga nantinya di hari tua. Pendidikan merupakan suatu pegangan hidup bagi manusia agar nantinya kita tidak kesulitan menghadapi masa yang semakin merak dengan teknologi canggih yang bisa merubah isi fikiran kita, kita tidak bisa hidup tanpa adanya orang lain di samping kita ,akanya manusia disebut mahkluk social yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang  lain dan ekonomi berperan penting dalam hidup kita, dengan ekonomi yang standart kita bisa hidup dengan enak.
Masa depan adalah masa yang menentuka kita untuk menjadi lebih melarat atau cerah, jadi peran pendidikan dalam masa depan kita sangat penting.Masa depan yang cerah akan membuat hidup kita nyaman dan tidak akan menjadi orang yag melarat,hidup seseoarang yang melarat adalah orang yang tidak mempunyai masa depan yang cerah.J adi pendidikan dan masa depan yang cerah sngat penting dalam hidup kita.
Dengan demikian, tuntutan pendidikan sekarang dan masa depan harus diarahkan pada peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan profesional serta sikap, kepribadian dan moral manusia Indonesia pada umumnya. Dengan kemampuan dan sikap manusia Indonesia yang demikian diharapkan dapat mendudukkan diri secara bermartabat di masyarakat dunia di era globalisasi ini.
Semoga Artikel Ini Bermamfaat, Syukran Jazakallah Khairan@

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENTINGNYA PENDIDIKAN UNTUK MASA DEPAN"