Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Ilmu Kepelatihan Olahraga: Hakikat Dan Ruang Lingkup Kepelatihan (Pend. Kepelatihan Olahraga FIK UNM)



Oleh : Muhammad Akbar S.Pd
Alumni Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar
      A.    Definisi Pelatihan
Training sebagai proses yang sistematis dari berlatih atau bekerja, yang dilakukan secara berulang-ulang dengan kian hari kian menambah jumlah beban latihan atau pekerjaannya (Harsono, 1988:101)
Rothig (1972) Pelatihan adalah semua upaya yang mengakibatkan terjadinya peningkatan kemampuan dalam pertandingan olahraga. Harre (ed., 1982) menjelaskan dalam pengertian luas, pelatihan olahraga adalah keseluruhan proses persiapan yang sistematik bagi atlet untuk mencapai prestasi tinggi.
Latihan adalah suatu proses berlatih yang berencana, menurut jadwal, menurut pola dan sistem tertentu, metodis, dari mudah kesukar, teratur, dari sederhana ke yang lebih komplek yang dilakukan secara berulang-ulang dan yang kian hari jumlah beban latihannya kian bertambah.
     B.     Tujuan Dan Ruang Lingkup Pelatihan
1. Tujuan utama latihan adalah untuk mengembangkan keterampilan dan performa atlet.
2. Tujuan latihan atau training adalah untuk membantu atlet meningkatkan keterampilan dan prestasinya semaksimal mungkin. Untuk mencapai hal itu, ada empat aspek latihan yang harus dilatih, yaitu (a) fisik, (b)  teknik, (c) taktik, dan (d) mental. (Harsono: 1988).
3. Tujuan umum latihan disamping memperhatikan faktor keselamatan dan kesehatan, mencakup pengembangan dan penyempurnaan:
a. fisik secara multilateral
b. fisik secara khusus sesuai dengan cabor
c. teknik cabornya
d. taktik/strategi yang dibutuhkan
e. kualitas kesiapan bertanding
f. persiapan optimal olahraga beregu
g. keadaan kesehatan atlet
h. pengetahuan atlet
      C.    Landasan Sistem Pembinaan Olahraga
Pendidikan Jasmani dan organisasi olahraga Nasional, yang di dalamnya mencakup program pendidikan di sekolah, rekreasi dan klub-klub olahraga, dan struktur organisasi dalam kepemerintahan.
     D.    Komponen-Komponen Sistem Latihan
Komponen yang langsung mempengaruhi sistem latihan diantaranya: pelaksanaan latihan; penilaian. Komponen tidak langsung atau pendukung diantaranya: administrasi, kondisi ekonomi, dan profesionalisme, serta gaya hidup masyarakat.
     E.     Kondisi untuk Mencapai Standar Prestasi Tinggi
Alokasi dan kombinasi cabang olahraga yang tepat mengenai beban latihan. Mencakup kegiatan berlatih dan bertanding. Harus ada rasa saling percaya antara pelatih dan atlet atau timnya. Pelatihan diarahkan sesuai dengan tuntutan spesifik suatu cabang olahraga. Kemajuan prestasi berlangsung tidak dalam garis lurus yang menanjak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmu Kepelatihan Olahraga: Hakikat Dan Ruang Lingkup Kepelatihan (Pend. Kepelatihan Olahraga FIK UNM)"